Food

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» »Unlabelled » Pusat Belanja & Mall Solo

Ada baiknya Anda mengetahui beberapa tempat di Solo yang bisa Anda kunjungi Pusat Belanja & Mall di Solo  adalah salah satu kota dengan banyak tempat wisata belanja sebagai surga belanja dengan harga murah . Banyak oleh-oleh berupa fashion , makanan khas, barang-barang khas yang menjadi incaran bagi para wisatawan.

DAFAR MALL TERBESAR DI SOLO

Berikut ini 5 mall di Solo yang paling populer dan sering diserbu oleh wisatawan maupun masyarakat Solo dan sekitarnya.
  1. SOLO PARAGON
Solo Paragon Lifestyle Mall merupakan salah satu mall di Solo yang menawarkan konsep “shopping, dining, and entertainment“dalam satu kawasan Superblok Solo Paragon yang menempati area seluas 4,1 hektare di jantung kota Solo. Solo Paragon Lifestyle Mall memiliki 5 lantai dengan parkir dan diisi dengan berbagai gerai seperti Carrefour, Centro Departement Store dan jaringan Cineplex Bioskop 21 yaitu Cinema XXI dan The Premiere XXI. Jika ingin menikmati belanja sambil berwisata disini langsung saja menuju ke Jalan Yosodipuro No.133, Solo, buka mulai pukul 10:00 – 22:00 WIB. Info lengkap dapat menghubungi nomor (0271) 727306,
2. Solo Grand Mall
Solo Grand Mall atau yang sering disebut SGM adalah mall di Solo yang terletak di jalur utama Jalan Slamet Riyadi Solo. Berdiri megah 7 lantai dengan 529 unit ruang usaha dan mulai beroperasional sejak 4 Desember 2004 lalu.
Para pengunjung dapat menemukan beragam produk-produk terbaru dari Hypermart di lantai basement maupun menyalurkan hasrat belanja model busana di berbagai gerai Fashion Wear  – branded StoreMatahari Department Store, bermain di game centre, nonton film di Grand Cinema 21, ataupun menikmati berbagai hidangan kuliner di Area Foodcourt.
Ingin berkunjung silahkan datang langsung di JL. Slamet Riyadi No. 273, Solo, Buka pukul 09:00 – 21:00 WIB. Kontak informasi bisa menghubungi (0271) 725111.
3. Solo Square
Solo Square terletak di Jl. Brigjend. Slamet Riyadi 451 – 455 Solo, terdiri atas 5 lantai dan menjadi salah satu mall di Solo yang cukup besar dan lengkap. Tak mau ketinggalan dengan mal-mal baru di kota Solo, Solo Square bersolek dengan penambahan lantai atas untuk Cinema XXI pada tahun 2012 dan Ace Hardware pada tahun 2013. Kini .
Beberapa anchor tenant-nya adalah Hypermart, Matahari Department Store, dan Cinema XXI dan  ratusan tenant lainnya mulai dari Fashion, Apparels, Acessories, Game, Resto, Bakery dan tak ketinggalan tenant KFC, J.CO Donuts & Coffee, BreadTalk, A&W Restaurants, Pizza Hut, Mie Horizon, D’ Cost Seafood, Hoka Hoka Bento, Bengawan Solo Restaurant, Mie Pasar Baru, Toko Buku Gramedia, Ace Hardware, Electronic Solution, Home Solution, Planet Surf, Inul Vizta, Fun World, Optik Melawai, Vinolia, Excelso, Polo, dan ratusan tenant lainnya.
4. The Park Solo
The Park Solo yang terletak di  Jalan Ir Soekarno, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah ini mengambil tema “The Green Shopping Atmosphere“, family and lifestyle mall.

Mall yang berada di kawasan Solo Baru ini menawarkan tidak hanya pengalaman one stop shopping untuk merek-merek ternama, tetapi juga pengalaman merasakan al-fresco dining, hiburan, rekreasi sekaligus memiliki berbagai fasilitas seperti hunian, pendidikan, hotel, kesehatan, area komersial, dan pusat perbelanjaan yang terintegrasi sebagai sarana pusat kenyamanan bagi warga Solo dan sekitarnya. Pada pertengahan bulan November 2013, METRO dengan membuka gerai ke-9 gaya modern lifestyle di Solo. Kontak informasi : (0271) 624545
5. Hartono Mall
Merupakan salah satu mall di Solo yang dibangun oleh PT Delta Merlin Dunia Properti untuk menyempurnakan kawasan Solo Baru menjadi kota baru atau City Town dan Central Bussiness District (CBD).
Hartono Mall yang terletak di Jalan Ir. Soekarno , Solo Baru, Grogol, Sukoharjo ini terdiri dari Hypermarket, Dept Store, Cafe, Resto, Fashion Branded, Optik, Jewelry, IT Center, Phone Market, Book Store, Restaurant, Cafe, Cinema, Foodocurt, Game Center dan Karaoke. Kontak dan informasi  0271-789099 / 0271-7890990 Website: hartonomall.com
6. TRANS MART PABELAN

TRANS MART PABELAN terdiri dari ritel life style, ada unsur wisata, anak bermain dengan keluarga sekaligus bisa berbelanja . Bertempat di lokasi Transmart yakni Jalan Raya A. Yani No. 234, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo,

Pusat Belanja Di Solo

  1. Belanja nyaman di Batik Danar Hadi
Danar Hadi telah puluhan tahun dikenal dengan batik yang berkualitas tinggi, secara desain ataupun kualitas bahan. Perjuangan puluhan tahun untuk mengangkat batik su-
Supaya mendapat pengakuan secara nasional maupun internasional membuat Danar Hadi selalu menghadirkan produk-produk yang up to date dan sesuai dengan tren. Danar Hadi memiliki koleksi pakaian wanita, pria dan anak-anak dengan tipe yang beragam, mulai dari yang formal hingga casual. Selain pakaian, Danar Hadi juga menyediakan beragam aksesoris dan pernak-pernik yang mempergunakan motif batik. Kipas bermotif batik atau gantungan kunci mungil berbentuk binatang dapat menjadi oleh-oleh bagi keluarga di rumah.
2. Kampung Batik Laweyan
Kampung batik Laweyan adalah salah satu daerah wisata yang sengaja disediakan oleh pemerintah Kota Solo untuk mengundang para wisatawan asing dan domestik melihat-lihat Batik. Kampung Batik Laweyan dinilai sebagai kawasan sentra Batik di Kota Solo dan sudah ada sejak zaman kerajaan Pajang tahunn 1546 M. Kawasan ini sempat meraih kejayaannya pada tahun 1970an.
Kampung Laweyan didesain dengan konsep terpadu, dengan memanfaatkan lahan seluas kurang lebih 24 ha yang terdiri dari 3 blok. Di dalam kampung Batik tersebut, terdapat ratusan pengrajin Batik yang menjual berbagai motif, seperti Tirto Tejo dan Truntum dengan beragam variasi harga. Selain batik, Kampung Batik Laweyan juga menyimpan kekayaan arsitektur Jawa kuno.
3. Kampung Batik Kauman
Kampung Kauman mempunyai kaitan erat dengan sejarah perpindahan kraton Kartosuro ke Solo yang kemudian berubah nama menjadi Kasunanan. Kauman merupakan tempat ulama yang terdiri dari beberapa lapisan masyarakat mulai dari penghulu tafsir anom, ketip, modin, suronoto dan kaum. Keberadaan kaum sebagai penduduk mayoritas di kawasan inilah yang menjadi dasar pemilihan nama “kauman”.
Masyarakat kaum (abdi dalem) mendapatkan latihan secara khusus dari kasunanan untuk mebuat batik baik berupa jarik/selendang dan sebagainya. Dengan kata lain, tradisi batik kauman mewarisi secara langsung inspirasi membatik dari Ndalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Berdasarkan bekal keahlian yang diberikan tersebut masyarakat kauman dapat menghasilkan karya batik yang langsung berhubungan dengan motif-motif batik yang sering dipakai oleh keluarga kraton.
Dalam perkembangannya, seni batik yang ada di kampung kauman dapat dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu batik klasik motif pakem (batik tulis), batik murni cap dan model kombinasi antara tulis dan cap. Batik tulis bermotif pakem yang banyak dipengaruhi oleh seni batik kraton Kasunanan merupakan produk unggulan kampung batik kauman. Produk-produk batik kampung kauman dibuat menggunakan bahan sutra alam dan sutra tenun, katun jenis premisima dan prima, rayon.
Kampung yang memiliki 20-30an home industri ini menjadi langganan dari para pembeli yang sudah terjalin secara turun temurun dan wisatawan mancanegara (Jepang, Eropa, Asia Tenggara dan Amerika Serikat). Keunikan yang ditawarkan kepada para wisatawan adalah kemudahan transaksi sambil melihat-lihat rumah produksi tempat berlangsungnya kegiatan membatik. Artinya, pengunjung memiliki kesempatan luas untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan batik. Bahkan untuk mencoba sendiri mempraktekkan kegiatan membatik.
Disamping produk batik, kampung batik Kauman juga dilingkupi suasana situs-situs bangunan bersejarah berupa bangunan rumah joglo, limasan, kolonial dan perpaduan arsitektur Jawa dan Kolonial. Bangunan-bangunan tempo dulu yang tetap kokoh menjulang ditengah arsitektur modern pusat perbelanjaan, lembaga keuangan (perbankan dan valas), homestay dan hotel yang banyak terdapat disekitar kampung kauman. Fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di sekitar kampung kauman ini jelas menyediakan kemudahan-kemudahan khusus bagi segenap wisatawan yang berkunjung dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain di luar batik.
4. Pasar Klewer, pusat barang tekstil dan batik
Batik adalah salah satu identitas Solo yang membuatnya tenar hingga ke segala penjuru, dan Pasar Klewer adalah salah satu urat nadi yang membuat kota itu terus bergerak. Sebagai pusat penjualan terbesar di Jawa Tengah, Pasar Klewer adalah kebanggaan Kota Solo yang juga telah menjadi landmark yang harus dikunjungi. Terletak di dekat alun-alun utara Keraton Kasunanan, Pasar Klewer sempat mati suri saat masa penjajahan Jepang.
Pasar Klewer menyediakan berbagai macam pakaian dan tekstil yang bermotif batik, mulai dari kain, kemeja pria, rok hingga daster-daster nyaman yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk ibu tercinta. Teknik pembuatan pun beragam, yakni cap dan tulis. Harga yang ditawarkan oleh para penjual di Pasar Klewer sangat beragam, mulai dari belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu dan jutaan rupiah. Batik lulls, apalagi yang dibuat di alas kain sutera tentunya memiliki harga yang mahal, tergantung tingkat kesulitan saat pembuatan dan kualitas bahan yang dipergunakan.
Seperti pasar tradisional kebanyakan, tawar menawar pun terjadi dengan sangat hidup di Pasar Klewer. Mulailah penawaran setengah dari harga yang ditawarkan oleh penjual. Mempergunakan bahasa Jawa saat melakukan penawaran akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, tak perlu khawatir, semahal-mahalnya harga yang Anda dapatkan di sini, tetap lebih murah dari banyak tempat lainnya.
5. Berburu barang antik di Pasar Triwindu
Pasar Triwindu adalah pasar barang loak yang cukup lengkap dan nyaman. Pasar yang terletak di Jl. Slamet Riyadi ini memiliki kios-kios mungil yang menyediakan berbagai benda antik, mulai dari koin-koin hingga porselen Cina yang sudah berusia ratusan tahun dengan penataan yang bebas dan tidak kaku. Berbagai perhiasan, wayang dan topeng juga dapat Anda temukan di pasar yang dari depan tidak terlalu menarik perhatian ini.
Gerbang Pasar Triwindu ini memang sangat sederhana dan tidak terlalu mencolok, hanya terlihat seperti jalan untuk memasuki sebuah gang kecil. Namun begitu tiba di dalam, mata dijamin akan langsung kegirangan karena begitu banyak benda-benda unik yang tersaji. Selain benda antik, tak jarang benda baru yang dikondisikan menjadi tuapun dapat ditemukan di Triwindu. Pembeli memang diharapkan memiliki pengetahuan tentang barang antik ketika berbelanja di pasar ini atau berbelanja bersama orang yang mengerti.
Tawar-menawar adalah hal yang sangat wajar untuk dilakukan di sini. Sekali lagi, perhatikan dan perkirakan usia benda yang ingin dibeli. Kalau memang benda tersebut memang antik, jangan memberikan penawaran yang terlalu rendah. Salah satu hal yang paling menyenangkan ketika berbelanja di Pasar Triwindu adalah Anda diberikan keleluasaan untuk melihat-lihat, berkeliling dan menjatuhkan pilihan, tanpa diburu-buru oleh si penjual
6. Pasar Gede yang legendaris
Tak diragukan lagi, Pasar Gede adalah salah satu landmark Kota Solo yang sangai terkenal. Pasar Gede, yang dahulu bernama pasar Hardjonagoro, dibangun pada tahun 1930 oleh seorang arsitek bernama J. Karsten yang juga merancang Pasar Johar di Semarang. Banyak arsitek asing yang sengaja datang untuk meneliti pasar ini karena keindahan arsitekturalnya.
Pasar Gede pernah mengalami 2 kali kebakaran besar, yakni di tahun 1948 dan pada tahun 2000. Kebakaran di tahun 2000 menghancurkan bangunan Pasar Gede yang terkenal sebagai salah satu bangunan paling cantik di Jawa Tengah itu. Setelah kebakaran, Pasar Gede dibangun kembali dan kini para pedagang telah kembali berjualan di sana.



Pasar Gede adalah pasar tradisional yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti daging-dagingan, sayur-mayur dan bumbu-bumbu dapur. Kalau Anda gemar ngubek-ngubek dan menyukai suasana pasar yang sangat dinamis, Pasar Gede pasti akan membuat Anda betah berlama-lama. Arsitektur pasar tradisional ini memungkinkan sinar matahari untuk menyinari hingga ke dalam, membuat pengunjung leluasa berkeliling, berbelanja atau hunting foto-foto seru.

Belanja Oleh - oleh Penganan untuk Buah Tangan

Berhubung Solo itu surganya makanan enak, benar-benar bikin malu kalau pulang tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Masalahnya, membawa pulang hidangan khas Solo tidaklah mudah. Repot tentu menjadi permasalahan pertama. Kedua, hidangan itu biasanya lebih nikmat kalau dimakan langsung dan panas-panas. Alternatifnya? Tentu berbelanja penganan khas Solo yang pilihannya beragam clan harganya juga terjangkau.
1. Toko Roti Orion
Orion adalah sebuah toko roti yang terkenal sejak puluhan tahun yang lalu. Orion bahkan merupakan perusahaan roti pertama yang ada di Solo dan kini toko itu tidak hanya menjual roti, namun juga berbagai penganan khas Kota Bengawan itu. Beberapa penganan yang dapat ditemukan di Orion adalah lapis Surabaya yang terkenal di bawah merek Mandarijn. Selain itu, produk Orion yang juga menjadi favorit adalah roti semir. Begitu lakunya roti ini, pengunjung harus rela mengantri dan memesan sebelumnya kalau tidak mau kehabisan. Orion juga menjual kue sus kering, keripik ceker ayam, usus goreng hingga roti kecik.
2. Sentra Oleh-Oleh Mesran
Bapak Mesran Mistopawiro adalah nama pemilik sentra penganan untuk oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau ini. Terletak di daerah Gandekan Kiwo, Anda akan menemukan banyak penjual oleh-oleh di sepanjang jalan tersebut, selain Toko Mesran ini. Pilihan ada di tangan Anda dan pada dasarnya semua menyediakan penganan yang kurang lebih sama, yakni serundeng, abon sapi, abon ayam, keripik paru, usus, roti kecik dan banyak pilihan lain.
3. Toko Varia
Untuk abon yang super lezat dan berkualitas tinggi, Toko Varia adalah jagonya. Mulai berjualan sejak tahun 1935, toko mungil ini selalu dipenuhi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas Solo. Selain abon sapi yang dijual dengan harga Rp.23.000,per 250 gr, Varia juga menyediakan serundeng, usus ayam, intip dan berbagai macam kue basah serta manisan. Satu yang harus selalu diingat, toko ini tutup pada hari Minggu.
4. Srabi Notosuman
Serabi sebenarnya adalah semacam pancake yang adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Teksturnya kenyal namun tetap lembut, dan rasanya sangat legit. Berbeda dengan kue serabi atau surabi di daerah lain, serabi khas Solo atau serabi Notosuman dihidangkan tanpa kuah manis.
Cara pembuatannya pun masih tradisional, adonan serabi dimasukkan ke dalam wajan kecil, lalu ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar sempurna. Apinya berasal dari arang, cuma butuh waktu sekitar 3 menit, serabi pun matang. Menariknya, proses pembuatan serabi ini bisa disaksikan oleh pembeli.
Di daerah Notosuman ini, serabi yang ditawarkan hanya dua jenis, yakni serabi coklat dan polos (tanpa topping). Serabi coklat Rp 2.500, sedangkan serabi polos Rp 3.000.
Jika anda saat ini membutuhkan sarana mengantar anda ke berbagai tujuan gunakan jasa sewa mobil solo  dan rental mobil solo tersedia armada Avanza dan isuzu Elf untuk 14 penumpang
Info lebih jelas tentang biaya perjalanan anda dapat hubungi kami :
Lokasi Usaha Kami Sebagai Berikut :
[gmap-embed id="71"]
Jalan Bledak Rt. 03 / 03 No. 10 Mangkuyudan, Mangkuyudan, Purwosari, Laweyan, Purwosari, Laweyan, Surakarta City, Central Java 57142
Telpon / Whatapps : 081575941978 ( Costumer Service Layanan Mobil Avanza & ELF )

 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Lokasi Usaha Kami Sebagai Berikut :
Jalan Bledak Rt. 03 / 03 No. 10 Mangkuyudan, Mangkuyudan, Purwosari, Laweyan, Purwosari, Laweyan, Surakarta City, Central Java 57142
Telpon / Whatapps :
081575941978 ( Costumer Service Layanan Mobil Avanza & ELF )

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply