Food

Business

Technology

Life & style

Games

Sports

Fashion

» »Unlabelled » Kuliner Tradisional Kota Solo

Mulai dari pagi, siang hari hingga tengah malam ada berbagai pilihan makanan yang bisa kamu coba kalo mampir di kota ini.Kalo kamu datang dari kota lain sebaginya kamu mencicipi beberapa makanan khas tradisional asli kota Solo selain harganya murah meriah, rasanya juga enak tiada duanya.





Soto Gading

Soto Gading yang berada di pusat kota, alun alun Selatan Keraton Solo ini menjadi langanan pejabat tinggi dan beberapa orang terkenal di Indonesia salah satunya Presiden Jokowi.
 
Soto gading adalah kuliner khas Solo yang memiliki kuah bening segar dengan isi suwiran ayam. Istimewanya ada beragam lauk tambahan sebagai pendamping makan Soto Gading
  • Telur Puyuh
  • Tempe Goreng
  • Jeroan Sapi
  • Perkedel Kentang
  • Sate Uritan
  • Bakwan

Timlo Sastro

Timlo tidak berbeda jauh dengan soto, salah satu andalan kuliner Solo. Kuahnya menggunakan kuah bening tapi segar dengan isian lengkap seperti sosis Solo, telur pindang juga jeroan ayam yang sudah diiris-iris.
 
 
Salah satu Timlo yang paling terkenal dan populer adalah Warung Timlo Sastro yang berlokasi di Pasar Gede Kota Solo. Seperti Soto Gading, Warung Timlo Sastro juga sudah buka sejak pagi hari antara pukul 6 hingga 7 pagi.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman sangat berbeda karena masih dipanggang secara tradisional menggunakan tungku. Mungkin itulah yang membedakan cita rasa khas Serabi Notosuman dengan Serabi lainnya.
 
Ada dua rasa yaitu rasa original dan rasa cokelat. Warung Serabi Notosuman merupakan salah satu wisata kuliner Solo legendaris di Kota Solo karena sudah buka sejak tahun 1923 dan masih bertahan hingga saat ini.

Gudeg Ceker Bu Kasno

Berbeda dengan Gudeg Jogya yang khas dengan nangka dan telurnya, Gudeg bu Kasno justru menghadirkan inovasi dengan menggunakan ceker ayam. Gudeg bu Kasno hanya buka pada malam hari di Jalan Monginsidi dekat SMA 1 Solo.
 
Harganya relatif terjangkau dengan lauk lengkap seperti opor ayam, telur dan tentu saja tidak ketinggalan ceker ayam lembut yang menggoda selere.

Selat Solo Mbak Lies

Belum lengkap rasanya jika bertandang ke Solo tanpa menikmati Selat Solo terlebih dahulu. Kuliner khas ini merupakan kuliner sehat karena isinya sayuran segar seperti wortel, daun selada, buncis, acar bawang dan timun, potongan daging sapi, kentang goreng dan tak lupa telur rebus.
 
Salah satu Selat Solo paling legendaris adalah Selat Solo Mbak Lies yang berada di Gang II Serengan. Meskipun cukup sulit menemukannya, kamu tak akan dibuat kecewa setelah mencicipi kuliner racikan Mbak Lies ini.
Kuliner Solo yang satu ini memang menjadi ciri khas makanan khas Solo dengan cita rasa Eropa.

Tahu Kupat Sholihin

Kupat Tahu Sholihin sangat berbeda dengan Kupat Tahu Magelang atau Kupat Tahu Singaparna di Bandung.
 
Selain kupat tahu kamu akan disajikan isian tauge, tahu goreng, mie basah, bakwan goreng, kacang goreng dan tak lupa siraman bumbu kuah yang menyegarkan. Lokasinya berada di sekitar Jalan Gajah Mada, Solo.

Sate Kambing Mbok Galak

Buat yang takut kolesterol memang harus waspada dengan kuliner Solo enak ini. Sate Kambing Mbok Galak tak jauh berbeda dengan sate pak Bari di Jogja. Hanya saja sate Kambing Mbok Galak disiram dengan kuah bumbu kacang yang istimewa.
 
Selain Sate Kambing, kamu juga bisa mencicipi Gule khas Mbok Galak yang tak kalah enaknya.

Sate Buntel Mbok Galak

Kuliner di warung Mbok Galak bukan hanya sate kambingnya saja yang terkenal enak. Salah satu kuliner Solo di Warung Sate Mbok Galak adalah sate buntel yang tak kalah nikmat.
 
Warung Mbok Galak lokasinya berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro no 122 Kota Solo. Meskipun harganya sedikit lebih mahal di warung lainnya, tapi rasanya enggak bohong dan sepadan dengan harganya.

Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Khas Solo lain yang bisa kamu cicipi adalah Sate Buntel Tambak Segeran. Lokasinya kebetulan berada di Jalan Tambak Segeran 39 Surakarta.
 
Cara penyajian Sate Buntel memang berbeda dengan sate umumnya. Daging sate merupakan daging kambing yang sudah dicacah dan dicincang tipis-tipis kemudian dicampur rempah-rempah dan dibungkus dengan irisan lemak kambing.
Salah satu rahasia kelezatannya terletak pada selimut irisan lemak kambing yang menjadikan Sate Buntel enak lagi nikmat.

Bale Padi Resto

Jika ingin suasana pedesaan khas warung Sunda, kamu bisa menikmati kuliner khas Solo di Bale Padi Resto. Hamparang pematang sawah menjadi salah satu sajian yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain selain di Bale Padi Resto.
 
Alamat Bale Padi Resto berada di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo.
Kuliner yang disajikan khas kuliner rumahan yang membuat kamu kangen dengan kampung halaman dan masakan racikan ibu. Kuliner yang disajikan diantara lain;
  • Tumis Tahu
  • Empal
  • Oseng Pare
  • Gulai Kakap
  • Seafood
  • Kelapa Bakar Rempah
  • Minuman Rempah

Torpedo Yu Rebi

Torpedo bukan merujuk pada peluru kendali, ini kuliner khas yang ada di Indonesia yang konon bisa meningkatkan vitaltas pria dewasa.
 
Salah satu Warung Kuliner yang menyediakan kuliner langka ini adadal Warung Sate Yu Rebi. Alamatnya berada di belakang Stadion Sriwedari kota Surakarta. Jika kamu memang cukup dewasa, jangan lupa untuk mencicipinya setidaknya seumur hidup sekali saja.

Roemahkoe Resto

Solo merupakan salah satu daerah yang memiliki keistimewaan seperti halnya Yogyakarta. Namun, pusat kuliner Jawa Tengah bisa kamu dapatkan di Solo. Begitu juga kuliner Jogya yang bisa kamu nikmati di Solo.
Salah satu resto yang menjajakan kuliner Jawa Tengah adalah Roemahku Resto. Kuliner tradisional naik kelas di Resto ini.
 
Salah satu kuliner populer di Roemahku Resto adalah Nasi Jemblung yang disajikan dengan beralasakan daun pisang. Lauknya adalah lidah sapi yang disemur. Penasaran ingin mencobanya?
Alamtnya berada di Jalan Radjiman 501. Salah satu minuman favorit di resto ini juga pantas kamu coba adalah Cemol. Cemol adalah minuman rempah dari air jahe, serai, gula, kacang tanah sangrai, kelapa muda dan ditambah dengan irisan roti tips-tipis.

Galabo Solo

Salah satu pasar malam di Solo yang terkenal di kalangan anak muda adalah pasar malam Galabo Solo. Galabo adalah akronim dari Gladag Langen Bogan. Alamatnya di Jalan Mayor Sunaryo.
 
Apa saja sih kuliner khas Solo yang bisa kamu nikmati di sini? Diantaranya yaitu;
  • Tengkleng
  • Sate Kere
  • Mi Thoprak
  • Wedang Ronde
  • Susu Segar Shi Jack
Kami Rekomendasi kan juga sewa mobil solo  dan Rental Mobil Solo  sebagai Traspotasi darat anda di selama anda di kota solo
[gmap-embed id="71"]
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Lokasi Usaha Kami Sebagai Berikut :
Jalan Bledak Rt. 03 / 03 No. 10 Mangkuyudan, Mangkuyudan, Purwosari, Laweyan, Purwosari, Laweyan, Surakarta City, Central Java 57142
Telpon / Whatapps :
081575941978 ( Costumer Service Layanan Mobil Avanza & ELF )
[landing_block type="payment"]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply